Workshop Pengembangan Manajemen Mutu Madrasah

Print Friendly, PDF & Email

Rabu, 22 Mei 2019 Pascasarjana IAIN Purwokerto Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan Workshop Pengembangan Manajemen Mutu Madrasah bagi guru-guru RA, MI dan MTs se-Kabupaten Banyumas.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 125 Guru/Kepala sekolah se Kabupaten Banyumas, Workshop ini menghadirkan Bapak Edi Sungkowo (Pokjawas Kabupaten Banyumas ) dan Drs. Imam Hidayat, M.Pd. (Kepala KEMENAG Kabupaten Banyumas) dan dimoderatori oleh Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd (kaprodi PGMI Pascasarjana IAIN Purwokerto). Dalam workshop ini disampaikan pentingnya Manajemen Mutu madrasah, ada 5 indikator penting dalam manajemen mutu madrasah. Pertama, pengelolaan kesiswaan yang berfokus pada pelayanan terhadap peserta didik agar mereka berhasil dalam mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Kedua, pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Strategi ini lebih mampu memberdayakan pembelajaran siswa yang menekankan pada keaktifan belajar murid, bukan pada keaktifan mengajar guru melalui media pembelajaran yang lebih kreatif. Ketiga, pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.

Pengelolaan ketenagaan bertujuan untuk mendayagunakan tenaga-tenaga kependidikan secara efektif dan efisien guna mencapai hasil yang optimal, namun tetap dalam kondisi yang menyenangkan. Seorang tenaga pendidik/tenaga kependidikan wajib meningkatkan kompetensinya dengan melakukan studi lanjut. Keempat, pengelolaan sarana prasarana, mulai dari pengadaan, pemeliharaan dan perbaikan, hingga sampai pengembangan. Kelima, output yang diharapkan. Madrasah harus memiliki output yang diharapkan. Output madrasah adalah prestasi madrasah yang dihasilkan oleh proses pembelajaran dan manajemen di madrasah. Output madrasah diklasifikasikan menjadi dua, yaitu output berupa prestasi akademik (academic achievement) dan output berupa prestasi non akademik (non academic achievement).

Kegiatan berjalan dengan lancar dan ditutup dengan penandatanganan MoU bersama Direktur Pascasarjana (Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag.) dan 6 Program studi lain yang ada di Pascasarjana IAIN Purwokerto dan diselingi dengan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Purwokerto Tahun Akademik 2019/2020

Updated: May 23, 2019 — 2:35 pm