Visitasi Akreditasi Prodi Magister Ekonomi Syari’ah

Print Friendly, PDF & Email

Program Studi (Prodi) Magister Ekonomi Syariah (ES) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Senin (29/01/2018) divisitasi langsung tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Visitasi ini merupakan salah satu bagian proses akreditasi yang telah diajukan oleh Prodi Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Purwokerto kepada BAN PT untuk menindaklajuti surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 194/E.E3/AK/2014 Tanggal 25 Februari 2014 tentang Izin Penyelenggraan dan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag selaku Direktur Pascasarjana IAIN Purwokerto mengungkapkan kesiapan Pascasarjana Magister Ekonomi Syariah yang dipimpinnya untuk divisitasi langsung oleh tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Alhamdulillah Prodi Ekonomi Syariah (ES) IAIN Purwokerto siap untuk diakreditasi,” tutur Basit dalam sambutannya saat pembukaan Visitasi Akreditasi dihadapan asesor dan civitas akademika IAIN Purwokerto. Hadir sebagai asesor pada Akreditasi Prodi Magister ES Pascasarjana pada kesempatan itu adalah Dr. Euis Amalia, M.Ag dari UIN Syahid Jakarta dan Dr. Mamduh M Hanafi, M.B.A dari UGM Yogyakarta.

“Kehadiran kami di IAIN Purwokerto adalah bentuk perhatian pemerintah agar proses pendidikan di IAIN Purwokerto semakin baik. Tentu dalam kesempatan akreditasi kali ini kita akan saling berbagi dalam dialog jadi pada civitas akademika tidak usah terlalu tegang. Semoga selama proses akreditasi Prodi Magister ES  ini akan menjadi lebih baik dan lancar,” ungkap Euis Amalia.

Euis mengatakan akreditasi bagi sebuah Lembaga perguruan tinggi merupakan proses berkelanjutan yang senantisa harus dijaga kualitas serta mutunya. Sehingga dengan begitu Quality Assurance serta prosesnya akan terjamin dan dapat diterima masyarakat dengan baik. “Penilaian yang dilakukan dalam proses akreditasi memiliki tujuan ganda yakni menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat dan mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat,” ungkap Dosen UIN Syarif Hidayatullah ini.

Ditambahkannya kedatangan tim asesor di Prodi Magister Ekonomi Syari’ah kali ini tidak untuk melakukan investigasi dan semacamnya tapi untuk mencocokkan serta cek dan ricek data. “Kita akan melakukan cek kesesuaian data di lapangan dengan berkas yang dikirim ke BAN PT melalui aplikasi SAPTO. Perihal adanya sharing informasi yang akan kami lakukan nanti untuk memperkuat Prodi Magister Ekonomi Syariah di Pascasarjana IAIN Purwokerto nanti itu adalah poin tambahannya,” ungkap Dr. Euis Amalia didampingi Dr. Mamduh M Hanafi.

Updated: January 30, 2018 — 3:52 pm