Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Print Friendly, PDF & Email

Rektor Dr. Moh. Roqib, M.Ag memimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila ke 74 di Halaman IAIN Purwokerto, Sabtu  1 Juni 2019. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih yang dilanjutkan dengan pembacaan teks UUD 45. Usai membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, Rektor memberikan amanat dengan mengutip sambutan dari Kepala BPIP bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia.

Dalam konteks itulah, memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama mengenang dan merefleksikan momentum sejarah untuk menghormati jasa pendiri bangsa. Kedua, membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik. Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati dan bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Setelah membacakan sambutan kepala BPIP, Rektor menambahkan jika dirunut kebelakang Pancasila adalah buah dari kecerdasan, kreatifitas dan keber-agamaan para pendiri bangsa, maka dari itu Pancasila sebagai ideologi negara sudah final bagi rakyat Indonesia khususnya ASN. Hasil survei, sekitar 20-30%  Siswa tingkat SMP dan SMA hingga Mahasiswa di Perguruan Tinggi ada indikasi terpapar radikalisme yang ingin mengganti Pancasila dan NKRI.

Dan juga, berdasarkan pengalamanya dalam penelitian disebutkan bahwa ada responden yang mengatakan jika khilafah lebih memberikan harapan kesejahteraan dari pada NKRI. “Pancasila adalah hasil Ijma’ Ulama dan tokoh bangsa, dan jika masih ada pemahaman yang bertentangan dengan Pancasila maka harus segera dipahamkan terutama kepada generasi penerus bengsa, “tegasnya.

Diakhir amanatnya, Rektor menjelaskan jika upaya transformasi IAIN Purwokerto menjadi UIN Syaifuddin Zuhri  adalah bagian dari pemahaman terhadap Pancasila dengan tujuan untuk mengembangkan keilmuan, menjaga integritas moral dan sarana untuk mempertahankan Pancasila dan NKRI. “Mengaplikasikan Pancasila adalah PR Kita semua, salah satunya dengan ghirah keislaman dalam bingkai Pancasila, “tutupnya.

Hadir pula dalam upacara tersebut peserta dari luar IAIN Purwokerto yakni Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama, ASN dari Biro Keuangan Kementerian Agama, Ditjen PHU, UIN Bandar Lampung dan UIN Semarang. (acm)

Updated: June 7, 2019 — 9:40 am