PASCASARJANA

| Excellent, Islamic, Civilized

Sejarah


SEJARAH PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO

Pembukaan Pascasarjana IAIN Purwokerto diawali dengan pembentukan Tim Pembukaan Pascasarjana IAIN Purwokerto yang berlandaskan pada Surat Keputusan Rektor IAIN Purwokerto tahun 2010. Tim yang bertugas mempersiapkan pembukaan Pascasarjana IAIN Purwokerto ini diketuai oleh Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag. (saat itu Pembantu Ketua I) dengan Sekretaris Dr. Jamal Abdul Aziz, M.Ag. (saat itu Ketua Program Studi Muamalah) dengan anggota terdiri dari: Dr. Abdul Basit, M.Ag., Suparjo, M.A., dan Ali Muhdi, M.S.I.
Berdasarkan survei terhadap minat stakeholders (Guru, Pegawai Kementerian Agama Kabupaten, Pegawai KUA, Hakim Agama, Pengelola dan Praktisi Lembaga Keuangan Syariah) se-eks Karesidenan Banyumas ditambah Brebes diperoleh data bahwa minat tertinggi para responden adalah pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), disusul kemudian Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Hukum Ekonomi Syariah (HES).
Berdasarkan hasil survei di atas tim kemudian menyepakati untuk mempersiapkan proposal pembukaan ketiga Program Studi tersebut. Pada Bulan Januari 2011 proposal pembukaan ketiga Program Studi tersebut dikirim ke Jakarta. Hasilnya, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah mendapatkan izin untuk dibuka dengan diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. Dj.1/1813/2011, kemudian Prodi Manajemen Pendidikan Islam dengan Surat Keputusan No. 1424 tahun 2012.
Dengan terbitnya izin pembukaan Pascasarjana IAIN Purwokerto tersebut maka segera dilakukan langkah-langkah persiapan berbagai sarana dan prasarana yang diperlukan, sejak dari pengembangan kurikulum, silabus, media untuk sosialisasi dan publikasi, administrasi perkuliahan, hingga infrastruktur fisik, seperti ruang kuliah, media pembelajaran, dan sekretariat Pascasarjana IAIN Purwokerto.
Pada bulan April 2012 Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag. dilantik sebagai Direktur, Dr. Jamal Abdul Aziz, M.Ag. sebagai Asisten Direktur sekaligus merangkap sebagai Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan pada bulan November 2012, Dr. H. Suwito NS, M.Ag. diangkat sebagai Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Mulai tahun 2014, Direktur Pascasarjana IAIN Purwokerto dijabat oleh Dr. H. Abdul Basit, M.Ag.
Selanjutnya, pada tahun 2015 Pascasarjana IAIN Purwokerto membuka empat Program Studi baru : Pendidikan Agama Islam (PAI), Ilmu Pendidikan Dasar Islam (IPDI), Ekonomi Syariah (ES), dan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 1382 Tahun 2015.
Pada tahun 2017 Pascasarjana IAIN Purwokerto membuka Program Doktor (S.3). Rencana ini bermula dari gagasan Rektor IAIN Purwokerto, Dr. H. A. Luthfi Hamidi, M.Ag, yang memerintahkan kepada Direktur Pascasarjana, Dr. H. Abdul Basit, M.Ag, untuk menyiapkan rencana pembukaan Program Doktor Studi Islam. Kemudian Direktur Pascasarjana bersama dengan Ketua Program Studi dan Tenaga Kependidikan membentuk tim untuk menyiapkan proposal pembukaan program Doktor Studi Islam. Proposal disusun berdasarkan hasil analisis tim terhadap profil lulusan, tenaga pengajar, kurikulum, survey peminat, dan sarana prasarana pembelajaran. Setelah melakukan kajian secara mendalam, akhirnya proposal bisa diselesaikan tepat waktu dan diajukan kepada Menteri Agama, c.q. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Setelah melalui proses presentasi yang dilakukan oleh Tim Pascasarjana IAIN Purwokerto dan visitasi yang dilakukan oleh Tim dari Kementerian Agama RI, akhirnya Program Doktor Studi Islam Interdisipliner mendapatkan izin dengan dikeluarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 4172 Tahun 2017.
Dengan keluarnya izin penyelenggaraan program Doktor Studi Islam Interdisipliner Pascasarjana IAIN Purwokerto tersebut, selanjutnya pada tahun akademik 2017-2018 menerima mahasiswa baru dari berbagai latar belakang keilmuan dengan konsentrasi utama pada: Pendidikan Islam, Hukum Islam, Dakwah dan Komunikasi, Pemikiran Islam, Bahasa dan Sastra Arab, serta Ekonomi Islam.


Pascasarjana IAIN Purwokerto © 2017