Afifah Intan Fadila | Magister ke-538

Print Friendly, PDF & Email

Afifah Intan Fadila, Perempuan kelahiran Purwokerto, 18 Juni 1995, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Selasa, 25 Februari 2020 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 Bahasa Arab IAIN Purwokerto dan Guru di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 6 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang tidak terlepas dari masyarakat, karena maju atau tidaknya suatu lembaga pendidikan itu tergantung bagaimana lembaga pendidikan tersebut menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat. Sekolah yang berkualitas baik mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, sehingga mutu pendidikan menjadi terjamin dengan meningkatnya prestasi peserta didik sesuai dengan yang diharapkan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menemukan manajemen hubungan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto melaksanakan fungsi manajemen yaitu perencanaan yang menggunakan prinsip adaptability dan simplicity, pengorganisasian, pelaksanaan yang berprinsip continuity, pengawasan,  dan evaluasi yang berprinsip coverage. Manajemen hubungan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto berkaitan erat dengan keberlangsungan sekolah dalam peningkatan mutu sekolah. Mutu sekolah mustahil akan meningkat tanpa kerja sama semua komponen yang ada di sekolah tersebut. Adanya bidang hubungan masyarakat di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto menunjukkan tersedianya jembatan penghubung  antara publik yang berkepentingan dengan pendidikan di sekolah dengan pihak SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Keberadaan bidang hubungan masyarakat dalam manajemen sekolah akan membantu tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan.

Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. Fauzi, M.Ag., 2) Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd., 3) Dr. H. Rohmad, M.Pd., 4) Dr. Subur, M.Ag. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,67 dinyatakan sebagai Magister ke 538 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: February 25, 2020 — 11:45 am