Achmad Solihun | Magister ke-537

Print Friendly, PDF & Email

Achmad Solihun, Pria kelahiran Kebumen, 21 Mei 1994, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Selasa, 25 Februari 2020 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 PAI IAIN Purwokerto dan Guru di SD 3 Demangsari, Kebumen ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Manajemen Pembiayaan Pendidikan berbasis Masyarakat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muskhafiyah Semondo dan At-Taqwa Jatinegara Kabupaten Kebumen. Manajemen pembiayaan pendidikan merupakan suatu kegiatan yang mengatur pembiayaan dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi terhadap biaya yang harus tersedia dan diperlukan pada penyelenggaraan pendidikan tujuan pendidikan. Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu instrumental input yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Pembiayaan pendidikan yang lemah akan menjadi penghambat bagi peningkatan kualitas pendidikan sehingga perlu adanya upaya penguatan dalam pembiayaan pendidikan maka sebagai bentuk penguatan pembiayaan pendidikan dengan melibatkan masyarakat untuk berperan akif dalam pembiayaan pendidikan. Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muskhafiyah Semondo dan At-Taqwa Jatinegara sebagai lembaga pendidikan Islam dalam pembiayaan pendidikannya mampu melibatkan masyarakat secara aktif, dalam berbagai kegiatan dengan menggunakan prinsip dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat baik pada jenis pembiayaan capital cost maupun recurrent cost. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Manajemen pembiayaan pendidikan berbasis masyarakat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muskhafiyah Semondo dan At-Taqwa Jatinegara Kabupaten Kebumen baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.

Hasil temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan berbasis masyarakat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muskhafiyah Semondo dan At-Taqwa Jatinegara di dalam penyelenggaran pendidikan khususnya pada pembiayaan pendidikan melibatkan masyarakat berperan aktif dalam berbagai kegiatan dengan menggunakan prinsip dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat dengan meliputi tahan pembiayaan yaitu : Pertama, perencanaan pembiayaan pendidikan dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang berasaskan pada musyawarah mufakat. Kedua, pelaksanaan pembiayaan pendidikan dilakukan melalui penggerakan sumber daya dan dana, kegiatan administrasi dan koordinasi, serta penjabaran program dengan prinsip dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Ketiga, evaluasi pembiayaan pendidikan dilakukan dengan melakukan perbandingan antara rencana anggaran belanja dan realisasi penggunaannya dengan prinsip transparansi anggaran.

Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. Fauzi, M.Ag., 2) Dr. M. Misbah, M.Ag., 3) Dr. H. Rohmad, M.Pd., 4) Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,72 dinyatakan sebagai Magister ke 537 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: February 25, 2020 — 11:53 am