Lilis Rohmayanti | Magister ke-536

Print Friendly, PDF & Email

Lilis Rohmayanti, Perempuan kelahiran Bandung, 14 Juli 1976, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Selasa, 18 Februari 2020 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 Bahasa dan Sastra Arab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Guru di SMP Muhammadiyah Margasari ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah, diperlukan upaya untuk membangun budaya mutu disekolah. Budaya mutu akan terbangun dengan cara mengimplementasikan penjaminan mutu pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh pemerintah salah satunya adalah SPMI. SPMI adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan didalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen didalamnya mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Maka SPMI penting untuk diimplementaikan oleh setiap satuan pendidikan.

Fokus penelitian ini adalah Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Berlokasi di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik keajegan/ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaaan pada teman sejawat dan pengecekan anggota.

Hasil penelitian ini adalah 1) SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung kidul sudah mengimplementasikan SPMI sesuai dengan petunjuk pelaksanaan SPMI oleh satuan pendidikan, 2) SPMI dilakukan melalui 5 tahapan yang membentuk siklus SPMI yaitu penetapan standar, pemetaan mutu, rencana pemenuhan mutu, implementasi pemenuhan mutu dan evaluasi/audit mutu, 3) Aspek input, proses, output, outcome dan impact implementasi SPMI sudah terpenuhi, akan tetapi perlu adanya beberapa perbaikan dalam aspek input dan proses karena sangat berpengaruh terhadap aspek output, outcome dan impact implementasi SPMI di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul.

Di bawah bimbingan Dr. H. Munjin, M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 2) Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd., 3) Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag., 4) Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat Pujian dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,88 dinyatakan sebagai Magister ke 536 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: February 18, 2020 — 11:14 am