Reno Rezita Aprilia | Magister ke-535

Print Friendly, PDF & Email

Reno Rezita Aprilia, Perempuan kelahiran Banyumas, 19 April 1995, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, pada hari Selasa, 18 Februari 2020  mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 PAI IAIN Purwokerto ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Pengembangan Nilai-Nilai Karakter di MTs Modern Al-Azhary Islamic Boarding School Ajibarang Kabupaten Banyumas. Pendidikan karakter adalah segala upaya yang dilakukan di lembaga formal maupun non formal dalam rangka menumbuhkembangkan karakter anak yang baik dan terpuji melalui kegiatan positif. Kehadirannya dipicu dengan permasalahan moral bangsa khususnya di Indonesia saat ini, yaitu anak usia di bawah umur telah menjadi korban adanya pengaruh globalisasi baik yang berdampak negatif maupun positif. Namun, dampak negatif ini yang mendominasi anak menjadi bertindak menyimpang, seperti tidak jujur, korupsi, membangkang, pergaulan bebas, tawuran, rasisme, dan lain-lain. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian tentang pengembangan nilai-nilai karakter yang dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan di lembaga formal seperti MTs Modern Al-Azhary Islamic Boarding School Ajibarang  yang bertujuan agar peserta didik memiliki nilai-nilai karakter yang konsisten, cerdas, moderat, inklusif dan berakhlak mulia sesuai dengan visinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan nilai-nilai karakter pada peserta didik di MTs Modern Al-Azhary Islamic Boarding School Ajibarang Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai-nilai karakter pada peserta didik di MTs Modern Al-Azhary Islamic Boarding School Ajibarang Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil Penelitiannya menunjukkan: pengembangan nilai-nilai karakter pada peserta didik di MTs Modern Al-Azhary Islamic Boarding School Ajibarang Banyumas dapat dilihat dari penekanan empat karakter yang dikembangkan yaitu karakter religius, disiplin, mandiri dan cinta tanah air, setiap indikator pendidikan karakter ditunjukkan melalui berbagai kegiatan yaitu kegiatan pengembangan budaya dan karakter serta kegiatan ekstrakurikuler yang diajarkan dan dibimbing oleh para guru madarasah. Dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta didik mengalami perkembangan perilaku/karakter yang positif dan lebih baik.

Di bawah bimbingan Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Moh Roqib, M.Ag., 2) Dr. H. Akhmad Faozan, Lc., M.Ag., 3) Dr. H. Suwito, M.Ag., 4) Dr. M. Misbah, M.Ag. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) — dinyatakan sebagai Magister ke 535 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: February 18, 2020 — 9:28 am