Abdul Basid | Magister ke-534

Print Friendly, PDF & Email

Abdul Basid, Pria kelahiran Tegal, 5 Agustus 1972, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, pada hari Jum’at, 14 Februari 2020 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. Kurikulum 2013 mengamanatkan penggunaan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran, dimana terdapat 5 proses ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun tidak semua mata pelajaran bersifat ilmiah seperti pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hal ini perlu dilakukan penelitian bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bojong sebagai sekolah pencotohan bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Tegal.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitiannya menunjukkan: aspek perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal yang diwujudkan dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sudah baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembuatan RPP dalam Permendikbud nomor 11 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Dalam pelaksanaan pembelajarannya juga sudah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Pelaksanaan pembelajaran juga menggunakan model pembelajaran yang variatif. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran sudah memutuskan yakni siswa mendapatkan rata-rata nilai sebesar 88,5 dan telah melewati KKM yang ditetapkan yakni 75.

Di bawah bimbingan Dr. M. Misbah, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 2) Dr. H. Akhmad Faozan, Lc., M.Ag., 3) Dr. Rohmat, M.Ag., 4) Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,52 dinyatakan sebagai Magister ke 534 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: February 18, 2020 — 10:11 am