Chaerul Rofik | Magister ke-506

Print Friendly, PDF & Email

Chaerul Rofik, Pria kelahiran Cilacap 7 Maret 1979, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Rabu, 27 November 2019 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni IAIIG Kesugihan Cilacap Tahun 2003 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 5 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh variabel product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process, sebagai faktor-faktor bauran pemasaran terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap, baik secara parsial maupun bersama-sama. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa SMP Islam al-Azhar 15 Cilacap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Proportional Simple Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 74 responden. Instrumen penelitian dengan hasil valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Analisis regresi diperoleh koefisien regresi sebesar 0,564 atau sama dengan 56,4%,, yang berarti terdapat pengaruh variabel product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process, sebagai faktor bauran pemasaran secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel keputusan siswa memilih sekolah (Y) sebesar 56,4%, sedangkan sisanya 43,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Faktor bauran pemasaran yang paling besar mempengaruhi keputusan siswa memilih sekolah adalah variabel process sebesar 19,74%, diikuti oleh variabel product sebesar 19,40%, variabel people sebesar 12,64, variabel place sebesar 8,62%, variabel physical evidence sebesar 7,76%, variabel promotion sebesar 5,36%, dan yang terkecil memberi sumbangan adalah variabel price sebesar 3,14%. (2) Faktor Product secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 2,960 dan sig. 0,004. (3) Faktor Price secara parsial berpengaruh negatif terhadap keputusan siswa memilih sekolah, nilai thitung sebesar -1.072 dan sig. 0,288. (4) Faktor Promotion secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 1.814 dan sig. 0,074. (5) Faktor Place secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 2.045 dan sig. 0,045. (6) Faktor People secara parsial berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 1.914 dan sig. 0,060. (7) Faktor Physical Evidence secara parsial berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 1.881 dan sig. 0,064. (8) Faktor Process secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah, dengan nilai thitung sebesar 2.475 dan sig. 0,016.

Di bawah bimbingan Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 2) Dr. H. Syufa’at, M.Ag., 3) Dr. Maria Ulpah, M.Si., 4) Dr. M. Misbah, M.Ag. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,56 dinyatakan sebagai Magister ke 506 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: February 17, 2020 — 4:31 pm