Lukman Ali Mustofa | Magister ke-502

Print Friendly, PDF & Email

Lukman Ali Mustofa, Pria kelahiran —, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Rabu, 30 Oktober 2019 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni — ini berhasil menyelesaikan masa studi selama — semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap. Sekolah adalah bagian penting dari sistem pendidikan nasional. Persoalan utama yang dihadapi sekolah secara umum adalah terkait dengan manajemen mutu pendidikan yang meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan. SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap merupakan lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan dari berbagai aspek dan bisa dijadikan rujuk mutu bagi sekolah yang lainnya. Dalam penelitian ini akan dikaji manajemen mutu sekolah dari tiga standar nasional pendidikan yaitu; Standar Isi, Standar Proses dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar isi di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap, 2) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar proses di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap dan 3) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan metode kualitatif-deskriptif dan pendekatan fenomenologis-naturalistik. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus yang dilakukan di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kasus individu (individual cases). Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui member check, dan diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan data penelitian diperoleh; Manajemen Mutu di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap memiliki sistem penjamin mutu yang ada pada standar isi, standar proses dan standar Tendik; untuk Standar Isi dalam perencanaannya dimulai dari pembentukan Tim Pengembang Kurikulum. Seluruh perencanaan standar isi tersebut diimplementasikan dalam bentuk perumusan visi, misi, tujuan dan program sekolah. Evaluasi standar isi dilakukan terkait dengan rencana dan implementasi visi, misi, tujuan dan program sekolah. Manajemen mutu standar proses dimulai dari penyusunan silabus, RPP, bahan ajar dan alat evaluasi yang dilakukan oleh guru. Pelaksanaan standar proses dilakukan oleh guru dalam rangka mengimplementasikan standar isi dan seluruh rencana pembelajaran. Evaluasi proses dilakukan oleh guru meliputi evaluasi perencanaan proses yang sudah dibuat, evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Manajemen mutu pada standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dilakukan untuk memenuhi kuantitas dan kualitas tenaga pendidik melalui rekrutmen dan seleksi dilakukan oleh pihak yayasan.

Di bawah bimbingan Dr. H. Suwito, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag. 2) Dr. Nawawi, M.Hum. 3) Dr. H. M. Najib, M.Hum. 4) Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) — dinyatakan sebagai Magister ke 502 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: February 25, 2020 — 11:26 am