Umiyati | Magister ke-480

Print Friendly, PDF & Email

Umiyati, Perempuan kelahiran Banyumas 2 Februari 1993, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, pada hari Selasa 17 September 2019 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 IAIN Purwokerto ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 5 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Pola Asuh Orang Tua Tunggal dalam Pendidikan Islam di Desa Pasir Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Hasil Penelitiannya menunjukkan: pola asuh orang tua tunggal dalam pendidikan Islam di desa Pasir cenderung seoarang ayah mengasuh dan mendidik anaknya menggunakan pola asuh ororiter, seorang ibu cenderung menggunakan pola asuh demokratis, serta ada sebagian yang menggunakan pola asuh permisif. Dari ketiga pola asuh tersebut menghasilkan karakter kepribadian anak yang berbeda-beda. Pola asuh demokratis menghasilkan anak yang tinggi prestasinya dari pada pola asuh permisif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pendidikan anak yaitu: proses kematangan (kognitif), faktor belajar, dan faktor bawaan atau bakat. Adapun faktor yang mempengaruhi pola asuh dalam pendidikan Islam anak yaitu usia orang tua, keterlibatan orang tua, pendidikan orang tua, dan ekonomi.

Di bawah bimbingan Dr. M. Misbah, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 2) Dr. H. Syufa’at, M.Ag., 3) Dr. H. M. Hizbul Muflihin, M.Pd., 4) Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.56 dinyatakan sebagai Magister ke 480 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Updated: September 18, 2019 — 10:15 am