Siti Subarkah | Magister ke-44

Print Friendly, PDF & Email

Siti Subarkah, Perempuan kelahiran Banyumas 6 Juni 1988, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Senin 25 Januari 2016 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 STAIN Purwokerto tahun 2011 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 6 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP) Alam Al Aqwiya Cilongok Banyumas. Kurikulum merupakan ruh dalam sebuah pendidikan. Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutupendidikan maka yang pertama harus dilakukan adalah mengembangkan dan melengkapi kurikulum disesuaikan dengan potensi daerah serta tuntutan perkembangan zaman. Pendidikan akan mampu melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas dan terampil ketika kurikulum dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dasar peserta didik. Salah satu sekolah yang terbilang baru di Kabupaten Banyumas yaitu Sekolah Menengah Pertama Alam Al Aqwiya Cilongok. Sekolah ini baru berdiri 4 tahun, namun sudah mampu menarik hati masyarakat di wilayah kabupaten Banyumas dengan memiliki 659 siswa dan memiliki angkatan alumni berjumlah 176. Adapun, fokus masalah penelitian ini yaitu tentang manajemen pengembangan kurikulum Sekolah Alam Al Aqwiya Cilongok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kurikulum Sekolah Menengah Pertama Alam Al Aqwiya Cilongok sebagai berikut: proses manajemen pengembangan kurikulum dilakukan melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Pengembangan kurikulum yang dilakukan di tingkat mikro yaitu menempuh prosedur yaitu merumuskan tujuan sekolah atau standar kompetensi lulusan masing-masing lembaga, penetapan isi, dan struktur program, 6 dan penyusunan strategi penyusunan kurikulum secara keseluruhan. Sekolah Menengah Pertama Alam Al Aqwiya Cilongok dalam mengembangkan kurikulum telah menggunakan fungsi manajemen dengan baik sehingga tujuan dapat tercapai. Akan tetapi, dari hasil tersebut masih terus dilakukan perbaikan dan inovasi kurikulum agar tujuan bisa lebih tercapai secara maksimal.

Di bawah bimbingan Dr. H. M. Hizbul Muflihin, M.Pd. dan Dr. Ahsan Hasbullah, M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 3) Dr. Subur, M.Ag., 4) Dr. Muskinul Fuad, M.Ag. dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,63 dinyatakan sebagai Magister ke 44 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Updated: November 5, 2019 — 7:50 pm