Makmun Achmadi | Magister ke-1

Print Friendly, PDF & Email

Makmun Achmadi, Pria kelahiran Purwokerto 11 Oktober 1948, Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Pengurus IPHI kelurahan Purwanegara, pada hari ini Kamis 26 Januari 2015 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 Ekonomi Manajemen tahun 1988 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 5 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Implementasi Akad Bai’ Al-Murābaḥah di BMT-BMT se-Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas dalam Perspektif Hukum Islam. Penelitiannya menunjukkan bahwa: pelaksanaan bai’ al-murābaḥah di BMT se-Kecamatan Purwokerto Utara baik oleh BMT Dana Mentari cabang Karangwangkal maupun el-Mentari Purwanegara adalah berdasarkan pesanan dan mensyaratkan adanya jaminan. Ketentuan operasional sudah ditentukan oleh manager pusat, nasabah hanya menyetujuinya. Pembelian barangnya ada yang dilaksanakan bersama BMT dengan nasabah, ada yang diwakilkan kepada nasabah, tetapi tidak dibuatkan akad wakalahnya, hanya secara lisan, dan barang langsung atas nama nasabah. Oleh karena itu secara riil BMT tidak pernah menjadi pemilik barang yang telah dibeli, sehingga walaupun dalam pernyataan formalnya sebagai akad jual beli, tetapi substansinya pemberian utang piutang uang. Dalam pelaksanaannya terdapat kewajiban-kewajiban administratif yang tidak seharusnya dibebankan kepada nasabah, seperti adanya biaya taksasi sebagai kewajiban BMT kepada BMI, semua biaya sudah dibebankan kepada nasabah, tetapi masih ada biaya administrasi 1,5% dari pembiayaan awal, adanya kewajiban infak. Terdapat praktek yang tidak sesuai dengan asas keadilan dan keseimbangan, yaitu BMT mendapatkan keuntungan dari penggunaan simpanan nasabah, sementara itu nasabah hanya menerima pengembalian sejumlah simpanan tanpa tambahan bagian keuntungan dari simpanan tersebut, demikian pula terhadap penerima simpanan ini belum dibuatkan akad tersendiri, pembuatan daftar angsuran dengan teknis anuitas menurun yang angsuran pokoknya tidak sama per bulan. Kelemahan-kelemahan yang ada ini sepatutnya untuk ditata kembali dan diperbaiki oleh team managemen BMT yang bersangkutan.

Di bawah bimbingan Dr. Jamal Abdul Aziz, M.Ag. dan Dr. H. Suraji, M.Ag. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 3) Dr. H. Fathul Aminudin Aziz, M.M., 4) Dr. Achmad Siddiq, M.H.I., M.H. dinyatakan lulus dengan predikat Amat Baik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,46 dinyatakan sebagai Magister ke 1 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Item Type Repository (Thesis)
Profile Google Scholar
Updated: November 5, 2019 — 7:06 pm