Haryono | Magister ke-411

Print Friendly, PDF & Email

Haryono, Pria kelahiran Cilacap 21 April 1979, Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, pada hari Rabu 13 Februari 2019 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 PAI STAIN Purwokerto ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 8 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Manajemen Mutu Kegiatan Ekstrakurikuler SD Muhammadiyah di Wilayah Kecamatan Majenang Cilacap. Penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah di Wilayah Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap meliputi: pertama, Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Hal yang direncanakan adalah guru, siswa, sarana dan jadwal kegiatan; kedua, Pelaksanaan kegaitan ekstrakurikuler dikelompokkan menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler berjalan disetiap harinya sesuai dengan jadwal yang telah disusun; ketiga, Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler dilakukan setiap tiga bulan sekali. Hal yang dievaluasi meliputi target yang telah ditetapkan, seperti target juara yang ingin diraih sekolah; 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu saran dan prasarana, dana, siswa, serta guru pembina yang kompeten dibidangnya. Faktor yang menghambatnya yaitu kehadiran siswa, kekurangan dana, dan ada juga faktor cuaca; 3) Kualitas pendidikan setelah diadakannya manajemen kegiatan ekstrakurikuler tergolong baik dan semakin meningkat. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan lancar, dan berkat adanya manajemen kegiatan ekstrakurikuler yang baik, SD Muhammadiyah di Wilayah Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap dapat meraih prestasi non akademik.

Di bawah bimbingan Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. Suparjo, M.A., 3) Dr. H. M. Hizbul Muflihin, M.Pd., 4) Dr. Hj. Sumiarti, M.Ag. dinyatakan lulus dengan predikat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) — dinyatakan sebagai Magister ke 411 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Updated: February 19, 2019 — 10:01 am