Hanifahridads | Magister ke-157

Print Friendly, PDF & Email

Hanifahridads, Pria kelahiran , Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, pada hari Senin 7 Agustus 2017 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Pesan Islam Melalui Radio: Analisis Resepsi Pendengar Mutiara Pagi RRI Purwokerto. Merupakan penelitian analisis resepsi, khalayak ditempatkan sebagai aktor yang aktif bukannya pasif. Oleh karenanya pesan Islam yang disampaikan dalam program mutiara pagi RRI Purwokerto dimaknai berbeda oleh khalayak. Hasil penelitian ini memperkuat pendapatnya Morley yang menjelaskan tiga posisi terkait pemaknaan khalayak terhadap pesan. Ketiga posisi tersebut adalah posisi dominan, dimana para informan sepenuhnya menerima pesan tersebut, kedua posisi negosiasi, dimana informan setengah menerima, dan setengahnya lagi menolak (tidak semua pesan diterima), dan posisi yang ketiga adalah posisi oposisi dimana informan menolak sepenuhnya pesan tersebut. Adapun terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pemaknaan pesan khalayak, ada enam faktor yaitu, faktor da’i, faktor budaya organisasi yang diikuti, faktor pendidikan, faktor pekerjaan, faktor usia, dan faktor jenis kelamin.

Di bawah bimbingan Dr. Sulkhan Chakim, M.M. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. Musta’in, M.Si., 3) Dr. Muslih Aris Handayani, M.Si., 4) Dr. H. M. Najib, M.Hum. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,74 dinyatakan sebagai Magister ke 157 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Updated: October 1, 2018 — 3:21 pm