Aris Munadzir | Magister ke-202

Print Friendly, PDF & Email

Aris Munadzir, Pria kelahiran Purbalingga 19 Januari 1994, Mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam, pada hari Jum’at 25 Agustus 2017 mengikuti ujian Tesis di Ruang Sidang Pascasarjana IAIN Purwokerto. Alumni S1 IAIN Purwokerto tahun 2015 ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 4 semester di Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Tesis berjudul Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Kelas V Pokok Bahasan Sejarah Peninggalan Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia Madrasah Ibtidaiyah. Merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Tahapan-tahapan pada penelitian ini yaitu, studi pendahuluan dilakukan untuk mengetahui terkait pembelajaran IPS kelas V selama ini, kemudian dilakukan pengembangan produk pembelajaran berupa multimedia pembelajaran IPS kelas V, setelah draf dibuat dan di validasi ahli media dan materi. Kemudian dilakukan uji coba untuk mengetahui efektifitas produk, dengan mengumpulkan data tentang respon siswa, pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan deskriptif stastik. Hasilnya, pada uji coba terbatas diperoleh skor rata-rata respon siswa 4.05 dengan kriteria baik, dan uji coba luas diperoleh rata-rata respon siswa 4.37 dengan kriteria baik. Hasil dari uji efektifitas produk, dilihat dari hasil belajar. Pada uji coba terbatas, kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain 0.5 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol 0.2 dengan kriteria rendah dan pada uji coba luas diperoleh rata-rata N-gain kelas eksperimen 0.5 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol 0.3 dengan kriteria sedang dan terhadap hasil belajar siswa diperoleh data bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga multimedia pembelajaran IPS efektif digunakan dalam pembelajaran IPS pokok bahasan sejarah peninggalan Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.

Di bawah bimbingan Dr. Maria Ulpah, M.Si. berhasil mempertahankan Tesisnya oleh penguji 1) Dr. H. Abdul Basit, M.Ag., 2) Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd., 3) Dr. H. Sunhaji, M.Ag., 4) Dr. H. Rohmad, M.Pd. dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,74 dinyatakan sebagai Magister ke 202 Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Updated: September 27, 2018 — 9:59 am