PASCASARJANA

| Excellent, Islamic, Civilized

Al-Quran Terjemahan Bahasa Banyumasan on AICIS 2017

Print Friendly, PDF & Email

Rektor IAIN Purwokerto Dr. H. A. Luthfi Hamidi, M.Ag. memperkenalkan Al Quran terjemahan bahasa Banyumasan di acara Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2017, ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (21/11). Penerjemahan Al-Quran berbahasa Banyumas ini digarap oleh tim IAIN Purwokerto bekerjasama dengan Kementerian Agama RI. Selain dari IAIN Purwokerto, tim penerjemah juga melibatkan pesantren dan budayawan Banyumas. Peluncuran Al-Quran dalam bahasa Banyumasan ini termasuk program dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Agama RI.
“Hal ini merupakan upaya mengkomunikasikan wahyu Al-Quran menggunakan kebudayaan lokal,” ungkap Rektor IAIN Purwokerto Dr. A. Luthfi Hamidi. Menurutnya, bahasa Al-Quran bersifat global dan universal. Sementara masyarakat berkomunikasi dengan bahasa sehari- hari. Maka Al-Quran harus diterjemahkan dalam bahasa lokal tanpa mengurangi nuansa sakralnya.
Berbagai karya dan prestasi lainnya juga dipamerkan dalam event ini. Harapannya mampu mengangkat reputasi Pendidikan Islam dan berdaya saing di kancah Internasional. Khususnya Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Pameran Pendidikan Islam Internasional 2017 ini resmi dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa (21/11) malam.

Updated: November 24, 2017 — 1:12 pm
Pascasarjana IAIN Purwokerto © 2017